BPBD Sintang : Masyarakat Dihimbau Waspadai Karhutla,Lakukan Deteksi Dini dan Kroscek

KBRN,Sintang : Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, Bernhard Saragih mengatakan agar masyarakat mewaspadai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah kabupaten sintang, jika terjadi perubahan cuaca panas pada agustus hingga september 2022 mendatang BPBD bersama instansi terkait siap melakukan antisipasi disejumlah wilayah seperti diwilayah kecamatan sintang,kelam permai dan wilayah perbatasan.

Bernhard Saragih menjelaskan upaya yang dilakukan yakni deteksi dini dan kroscek dilapangan  mengenai antisipasi  jika terjadi titik hotspot diwilayah kabupaten sintang.

“Melalui Tim terpadu TRC kami melakukan patroli rutin diwilayah kecamatan ketungau hulu wilayah perbatasan,“ kata Bernhard Saragih saat menjadi narasumber dialog Tanggap Bencana di RRI Sintang,Selasa (10/8/2022) sore.

Bernhard Saragih juga  menghimbau masyarakat agar berhati hati dalam pembakaran lahan, hal ini juga harus mengacu pada peraturan Bupati, mana yang boleh dilakukan dan juga memperhatikan larangan, sehingga mengantisifasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sementara itu, Kepala BMKG Sintang, Supriandi  menjelaskan BMKG Sintang memprediksi penurunan intensitas hujan pada 8 hingga 11 Agustus 2022 di wilayah Sintang dan Sekadau. Dengan kondisi tersebut, BMKG mengingatkan akan potensi kebakaran hutan dan lahan di 2 kabupaten tersebut.

“Kondisi potensi hujan tanggal 8 sampai dengan 11 Agustus 2022 di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Sekadau secara umum berkurang dan perlu diwaspadai peningkatan potensi kemudahan terjadinya Karhutla pada kategori sangat mudah,” tulisnya.

Supriandi menambahkan, peningkatan potensi hujan kembali terjadi pada 12 hingga 14 Agustus 2022 pada kategori hujan ringan sampai sedang.

“Kami dari BMKG mendukung kegiatan Pemkab Sintang dan kami selalu berkoordinasi dalam memberikan informasi mengenai cuaca dan prediksi agar dapat tersampaikan pada masyarakat luas,” kata Supriandi. (Ram)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar