Jalan Cadika Tergenang Air,Hikman; Dorong Pemkab Sintang Perbaiki Drainase

KBRN,Sintang : Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman mengatakan menindaklanjuti keluhan warga setempat mengenai jalan Cadika dan sekitarnya yang selalu digenangi air pasca terjadi hujan deras di wilayah tersebut.

Hikman Sudirman menjelaskan drainase yang ada disekitar area tersebut kondisinya tak terawat. Banyak tumpukan sampah dan rumput menutupi drainase. Pihaknya juga menilai saluran pembuangan yang ada juga kurang besar sehingga aliran air menjadi lambat.

"Kesimpulanya solusi jangka pendek drainase yang ada harus dibersihkan. Kemudian pemerintah desa setempat bersama warga perlu membuat atau merintis drainase baru yang terhubung dengan drainase yang sudah ada agar tidak terputus," ujarnya.

Drainase yang dirintis harus sampai ke saluran pembuangan yang mengarah ke Stadion Baning sintang .

"Drainase yang berada dibelakang rumah adat Melayu, drainase itu terhubung ke saluran pembuangan yang mengarah ke stadion baning. Ternyata drainase yang dibelakang rumah adat melayu terputus akibat tertutupi rumput, jalur inilah yang harus dibersihkan," ujar Hikman.

Hikman Sudirman menilai hal tersebut penting dilakukan supaya pasca dilanda hujan, air dapat mengalir lancar hingga ke saluran pembuangan sehingga tidak menggenangi jalan.

"Kalau drainase itu sudah dirintis manual dan bisa mengatasi genangan air di jalan Cadika, maka kita akan minta kepada Pemkab Sintang melalui dinas PU dan Perkim agar drainase tersebut dipermanenkan," terangnya.

Kemudian lanjut dia, pihaknya juga sudah mendorong pemkab Sintang melalui Dinas PU agar berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) supaya mengganti gorong gorong saluran pembuangan dengan ukuran diameter yang lebih besar supaya air dapat mengalir maksimal.

"Saluran pembuangan itu memotong jalan nasional sehingga kita kabupaten tidak punya kewenangan. Untuk solusinya Kita koordinasi dengan BBPJN supaya gorong gorong itu diganti dengan diameter yang lebih besar," ujarnya.(Ram).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar