Cegah Penyebaran PMK, Dinas Pertanian Sintang Jelang Idul Adha Tahun Ini Tidak Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan ke Tempat Penampungan

KBRN, Sintang: Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang tahun ini tidak melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ke kandang penampungan sapi di Kabupaten Sintang yang biasanya dilaksanakan setiap satu minggu menjelang pelaksanaan Idul Adha untuk memastikan kalayakan hewan kurban.

Dokter hewan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Widigdo Bayu Pramono menjelaskan tidak dilakukan pemeriksaan langsung ke tempat penampungan sapi sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, sebab Manusia berpotensi sebagai perantara penularan penyakit mulut dan kuku dari hewan yang sudah terinfeksi kepada hewan yang sehat.

“ini kami lakukan sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku kepada hewan ternak lainnya yang sehat,” kata Widigdo Bayu Pramono, Minggu  (3/7/2022).

Penyakit mulut dan kuku tidak menjangkit ke manusia, namun jika manusia berinteraksi dengan hewan yang terpapar PMK, misalkan menginjak kotoran sapi yang sudah terpapar PMK, kemudian melakukan pemeriksaan ke kandang sapi yang belum terpapar PMK, maka dapat menyebab penularan kepada sapi lain.

“kami telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang dan peternak di Kabupaten Sintang agar mereka mengenai ciri-ciri penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak serta cara mencegah pularannya,” ujarnya. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar