Evaluasi Reses Anggota Dewan, Ronny ; Masyarakat Keluhkan Infrastruktur Dasar

KBRN,Sintang : Ketua DPRD DPRD Sintang Florensius Ronny mengatakan anggota legislatif terus menerus memperjuangkan apa yang menjadi keinginan masyarakat, aspirasi ini ditampung anggota dewan ketika melaksanakan reses.

Ronny mengakui bahwa masih banyak keluhan masyarakat di Kabupaten Sintang yang perlu diperhatikan serta ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang.

"Memang masih banyak yang belum terealisasi. Tetapi, kita akan upayakan satu per satu permasalahan yang ada dimasing-masing dapil perlu diselesaikan," kata Ronny Minggu (3/7/2022).

Ronny menjelaskan nantinya aspirasi dari masyarakat yang disampaikan dalam kegiatan reses anggota DPRD Sintang dapat segera direalisasikan. Meskipun, situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang menjadi penghambat bagi Pemkab Sintang dalam merealisasikan keluhan dari masyarakat.

"Dari semua reses para anggota dewan memang masih kita temukan permasalahan terkait dengan infrastruktur yang belum memadai termasuk sarana dan prasarana air bersih selanjutnya listrik kemudian mendominasi yaitu  jalan, fasilitas tentang pendidikan dan kesehatan.

“Kemudian untuk pendidikan masih ditemukan tenaga pendidik yang masih kurang. Termasuk bantuan-bantuan pertanian maupun perkebunan yang sangat diharapkan oleh masyarakat,”jelasnya.

Disamping itu jelasnya, yang perlu dipahami juga adalah ketersediaan anggaran yang ada pada pemerintah. Sehingga, apa yang diusulkan masyarakat tersebut juga disesuaikan dengan ketersediaan dana anggaran yang ada pada pemerintah daerah.

“Hanya memang setiap kita melakukan pembahasan anggaran bersama pemerintah daerah Sintang biasanya mentok mengingat  yang menjadi usulan bisa mencapai puluhan triliun, sementara kemampuan APBD Sintang hanya 1,7 triliun di tahun 2022 ini,”jelasnya

Roni memaparkan setiap aspirasi masyarakat yang disampaikan, baik berupa keluhan, kritikan, saran maupun usulan, selalu ditampung dan diusulkan kepada Pemkab Sintang melalui rapat paripurna dewan.

“Usulan tersebut akan dibahas bersama untuk dimasukan ke dalam program pemerintah daerah, baik mengenai masalah infrastruktur, pendidikan, kesehatan maupun bidang sosial kemasyarakatan lainnya,”paparnya.(Ram).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar