Lakukan Kerjasama, Disdukcapil Sintang Tingkatkan Layanan Publik

KBRN,Sintang : Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang Agus Jam mengatakan pihaknya melakukan Memorandum of  Understanding (MOU) atau kerjasama dengan Pengadilan Negeri (PN) Sintang mengenai perubahan nama warga yang mengalami kekeliruan.Hal ini bentuk kerjasama untuk meningkatkan layanan Publik.

“Sidang dapat dilaksanakan nanti PN , sudah kita laksanakan juga kemarin, rencana di Kecamatan Binjai dalam waktu dekat ini yang dari PN nanti turun ke lapangan beserta kami dari Disdukcapil Sintang .Untuk perubahan nama nanti sidang di tempat oleh PN,hasilnya baru kita proses,” jelas Agus Jam,Minggu (3/7/2022).

Dijelaskan Agus Jam, kemudian untuk yang pengadilan agama dan kemenag termasuk KUA mengenai masalah isbat, sudah dilaksanakan pada beberapa bulan yang lalu di Kecamatan Serawai.

“ Di Serawai ada belasan juga kemarin, cuma kita masih menunggu dari KUA karena KUA kan yang menerbitkan surat nikahnya setelah itu terbit, nah barulah kita proses di  KK nya itu ada perkawinan tercatat. Kedepannya ini akan lebih kita tingkatkan lagi kerjasama baik Kemenag maupun  KUA” kata Agus.

Selain perubahan nama,kata Agus Jam mengenai buku pokok pemakaman dan akta kematian .Masyarakat selama ini yang meninggal dunia juga tidak dicatatkan tidak ada akta kematian sehingga di pusat juga nama yang bersangkutan tidak dihapuskan karena masih ada.

“Nah kedepannya ini oleh Dirjen Dukcapil mewajibkan kita untuk membuat atau meneruskan buku pokok pemakaman ini, sudah kita sampaikan seluruh kecematan diteruskan ke desa di kabupaten sintang termasuk kelurahan dan yayasan pemakaman .Dari hasil laporan itu kita buatkan akta kematian yang belum punya. hasil ini kita laporkan ke provinsi secara berjenjang dan periodik tiap bulan disosialisasikan,” beber Agus Jam.

Ditambahkan Agus Jam, dengan kerjasama dari berbagai instansi terkait ini akan berdampak pelayanan publik yang maksimal dari Disdukcapil sintang dan berbagai pihak kepada masyarakat.(Ram)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar