Maksimalkan Pelayanan, Disdukcapil Sintang Rekam KTP Ke Rumah Warga Yang Sakit

KBRN,Sintang : Kepala Disdukcapil Kabupaten Sintang Agus Jam mengatakan pasien atau masyarakat yang sakit mengalami kesulitan untuk datang ke kantor Disdukcapil Sintang.Saat ini ada program jemput bola dilaksanakan kepada masyarakat .Melalui Tim atau Petugas akan datang langsung menuju rumah warga .Petugas dari Disdukcapil Sintang membawa peralatan perekaman  dan akan difoto serta langsung di cetak.

“Kalau warga yang melakukan rekam KTP di kantor jumlahnya sudah banyak,,misalnya di rumah sakit ada yang mau operasi jadi kita jemput bola, foto di situ, perekaman dan hasilnya kita cetak langsung serahkan kepada yang bersangkutan”.Kata Agus Jam, Jum’at (1/7/2022).

Dijelaskan Agus Jam, kedepannya ada rencana program ini  akan lebih mudah dan cepat, dengan catatan tidak ada gangguan jaringan system.

“Sebenarnya layanan jemput bola ini merupakan instruksi dari pusat, memang dari Dirjen Dukcapil  memerintahkan kita untuk pelayanan sebaik mungkin, secepat mungkin ,bahkan tanpa biaya jadi itu yang kita realisasikan di di kabupaten Sintang’terang Agus.

Untuk penerapan sistim layanan online kedepan akan dilakukan ke desa-desa yang sudah memiliki jaringan internet kerjasama dengan pemerintah desa.

“Di Kantor desa dapat mencetak sendiri, print sendiri, dokumen kependudukan di kantor desa menggunakan email desa kecuali KTP sama Kartu Identitas Anak (KIA), karena dokumen-dokumen tersebut menggunakan kertas A4. Kenapa harus pakai kertas seperti itu supaya mereka print sendiri termasuk masyarakat di dalam kota dapat di print di rumahnya atau dikantornya asalkan ada email. Kemarin misalnya ada banjir, kebakaran akan kita jemput bola tanpa melengkapi persyaratan,  ya kita cetak ulang kembali’ Ulasnya.

Ditegaskan Agus Jam,pihaknya komitmen untuk memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat dengan pelayanan langsung maupun system jemput bola.

 

“Kita jemput bola ke wilayah perbatasan dan pedalaman seperti Kecamatan Ketungau, Kecamatan Ambalau dan lainnya, Namun di lapangan ini kendalanya jaringan”tambahnya. (Ram)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar