Wabup Kapuas Hulu : Gawai Dayak Harus Menjadi Ajang Pelestarian Budaya

KBRN, Kapuas Hulu : Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengatakan Gawai Dayak dalam komunitas masyarakat adat dayak adalah wujud rasa syukur atas apa yang telah kita kerjakan dan terima dari kemurahan Tuhan sepanjang tahun.

Hal tersebut dikatakan Wahyudi Hidayat saat membuka acara Gawai Dayak Ketemenggungan Suku Dayak Seberuang Ensilat, Desa Belimbing, Kecamatan Silat Hulu, Kamis (30/6/2022),

Wabup menjelaskan kedepannya pada pesta Gawai Dayak dapat munculkan ide-ide baru dan kekinian, dengan menggali budaya yang belum terekspos agar semakin banyak kreativitas ditampilkan untuk masyarakat umum.

“Karena banyak adat istiadat dan hal unik yang menjadi harta warisan leluhur, karena Dayak sudah maju, Dayak sudah berkembang dan menjadi suku bangsa yang bermartabat di negara kita," ujarnya.

Menurutnya, Gawai Dayak harus menjadi ajang pelestarian budaya dalam menghadapi perubahan budaya karena modernisasi.

“Gawai Dayak harus benar-benar menjadi ajang pelestarian budaya ditengah gejolak masyarakat kita yang hidup dengan berbagai perubahan budaya karena modernisasi. era digitalisasi dan kemajuan teknologi,” tutupnya. (Ril/Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar