Jelang Perayaan Idul Adha, Warga Sintang Harap Wabah PMK Pada Hewan Ternak Dapat Teratasi

KBRN,Sintang : Merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak tidak hanya dikhawatirkan oleh peternak, tapi juga warga yang ingin membeli hewan untuk berkurban pada perayaan Idul Adha 1443 hijriah.

Menurut Warga Sintang Andisyah, agar wabah PMK dapat diatasi supaya tidak menimbulkan kekhawatiran luas di masyarakat, apalagi menjelang perayaan Idul Adha. Bagi masyarakat yang akan membeli sapi maupun kambing harus lebih teliti. Selain mengecek langsung ke peternak serta berkoordinasi dengan petugas peternakan dan kesehatan hewan.

"Kami pun mau beli hewan kurban pasti melalui pemeriksaan petugas juga. Apabila nanti satu hari sebelum dikurbankan ya pasti diperiksa juga oleh Dinas, apalagi kondisi mulut dan kuku," jelas Andisyah.

Menurut dokter Hewan Viktor Fernandes pada Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Virus PMK yang menyerang pada hewan ternak dapat mati pada suhu yang tinggi.Selain itu petugas kesehatan hewan secara rutin melakukan  pengawasan dan pemeriksaan hewan tenak dikabupaten sintang jelang hari raya Idul Adha.

“Hewan ternak yang terjangkit virus PMK aman dikonsumsi jika sudah dimasak matang. Sebab, virus yang ada pada hewan tersebut akan mati jika sudah terkena suhu tinggi.”jelasnya (Ram).  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar