Kabar Gembira, Gaji 13 Cair Serentak Tanggal 1 Juli 2022

KBRN, Sintang : Kabar Bahagia untuk Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan, Awal bulan ini tanggal 1 Juli 2022 akan mendapatkan tambahan amunisi.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 75 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas. Secara detail, Aparatur Negara yang dimaksud terdiri atas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Calon PNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Prajurit TNI, Anggota Polri dan Pejabat Negara. Komponen gaji 13 meliputi Gaji Pokok, Tunjangan Keluarga, Tunjangan Pangan, Tunjangan Jabatan atau Tunjangan Umum, serta 50 Persen Tunjangan Kinerja.

Kepala Kanwil DJPB Kalimantan Barat Imik Eko Putro mengatakan Prosesnya sendiri akan di fasilitasi melalui 6 KPPN yang ada di seluruh wilayah Kalimantan Barat, Yakni KPPN Pontianak, KPPN Sintang, KPPN Singkawang, KPPN Ketapang, KPPN Putussibau, dan KPPN Sanggau.

Pada Acara Dialog Forum Kalbar yang disiarkan secara Live Streaming oleh TVRI Kalbar dengan tema Dialog Percepatan Penyerapan Anggaran dan Gaji 13 Pagi ini. (Selasa, 28/6/22) Imik mengatakan, besaran Gaji 13 yang akan di gelontorkan sebanyak 35,5 Triliun untuk seluruh Indonesia, Sedangkan untuk di Propinsi Kalimantan Barat sendiri nilainya berjumlah 185,7 Milyar Rupiah terdiri dari 31 K/L dan 421 Satker dari sumber dana APBN, Sedangkan 321,1 Milyar Rupiah dari 15 kab/kota yang bersumber dari APBD.

" Diharapkan satker sudah mengupdate aplikasi GPP ver 30.0 untuk melakukan proses perhitungan gaji 13. Selanjutnya Satker bisa mengirimkan rekon adk gaji yang di mulai dari tanggal 23 Juni 2022, Untuk SPP dan Juga SPM dapat diajukan mulai tanggal 24 Juni 2022, SPM yang sudah masuk nantinya akan diterbitkan SP2d pada tanggal 1 Juli 2022 dan akan masuk ke rekening masing - masing dari penerima Gaji 13 di tanggal yang sama," kata Imik.

Diakhir Acara tersebut, Imik menegaskan Setiap Satker  harus melakukan percepatan anggaran sesuai pagu yang dimiliki tetapi tetap harus menjaga akuntabilitas, Target yang di capai juga bukan hanya output tetapi yang terpenting outcome atau Manfaat belanja Negara terhadap publik seperti  infrasutruktur, Kesehatan, Pendidikan, dll harus dirasakan masyarakat terutama di Provinsi Kalimantan Barat. Agar Kalimantan Barat menjadi Provinsi yang semakin maju, dan tentunya Gaji 13 dapat cair sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. (BI/Bagus Ichwanto)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar