Kabupaten Sintang Perlu Petani Milenial yang Cakap Teknologi

KBRN, Sintang : Keberadaan petani milenial yang melek teknologi dan dapat bersaing dengan petani luar menjadi prioritas Dinas Pertanian Kabupaten Sintang. Hal tersebut tergambar dari cukup seringnya dilakukan bimbingan teknis kepada para penyuluh pertanian dan kepada para petani oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sintang bekerjasama dengan sejumlah pihak.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sintang melalui Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Sintang, Eka Dahliana mengatakan keberadaan petani milenial yang melek teknologi masih sangat kurang maka perlu adanya optimalisasi peran dari penyuluh dalam memunculkan petani-petani milenial yang mampu bersaing dengan petani dari luar negeri.

“Untuk mewujudkan misi pertanian di Kabupaten Sintang ini bisa berjalan dengan baik dan menerapkan prinsip berkelanjutan adalah dengan mengoptimalkan peran penyuluh, lembaga dan mitra dalam melaksanakan fungsi pendampingan dan pengawalan kepada para petani di era teknologi yang serba canggih saat ini,” ujar Eka.

“Kehadiran pemuda tani untuk menjadi petani andalan masih kurang. Untuk itu saya minta kepada penyuluh untuk mendorong kebangkitan petani milenial di Kabupaten Sintang agar mampu bersaing dengan para petani luar negeri,” lanjutnya.

Untuk meningkatkan produksi pertanian, Eka mengatakan bisa dilakukan dengan mengoptimalkan bidang perkebunan, bidang peternakan dan bidang hortikultura tanaman pangan dan ketahanan pangan. Bidang-bidang tersebut masih sangat membutuhkan petani milenial yang mengerti dan memahami teknologi sehingga bisa mengoptimalkan hasil pertanian sampai ke pemasarannya. (Dby)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar