Begini Upaya Pencegahan Penangulangan Stunting di Melawi

rembuk stunting

KBRN, Melawi : Bupati Melawi H.Dadi Sunarya Usfa Yursa resmi membuka acara Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Melawi Tahun 2022 Melalui Bappeda dan BKKBN Kabupaten Melawi, di Cantika Nite & Day Nanga Pinoh, Jum’at (24/06/2022).

Ketua Stunting Kabupaten Melawi dan juga selaku wakil bupati Melawi Drs.Kluisen, mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka mendukung upaya percepatan pencegahan penanggulangan dan stunting di Kabupaten Melawai.

“ Rembuk Stunting merupakan langkah penting untuk memastikan pelaksanaan rencana, kegiatan intervensi , pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non pemerintah dan masyarakat,” terang Kluisen

Dalam sambutan Bupati Melawi H.Dadi Sunarya Usfa Yursa, mengatakan Stunting adalah masalah kurang gizi Kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan Gizi dalam waktu yang cukup lama. Sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (Kerdil) dari standar usianya.

“ Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing terhadap kemampuan daya saing bangsa, sehingga Stunting merupakan salah satu fokus pemerintah Saat ini dan menjadi program prioritas nasional ,” ungkap Dadi.

Lanjut Bupati, menurut data terakhir E-PPGBM Per-31 Desember 2021 angka Stunting di Kabupaten Melawi masih berada pada urutan tertinggi Ke -13 dari 14 Kabupaten di Provinsi Kalbar, yaitu sebesar 30.07% dimana angka tersebut masih terdapat jauh dengan target nasional yaitu sebesar 14%.

Hadir langsung dalam giatan tersebut Bupati Melawi H.Dadi Sunarya UY, Wakil Bupati Melawi Drs Kluisen, Sekda Melawi, Drs Paulus, dihadiri narasumber Kepala BAPPEDA Sintang  Kartiyus, SH, M.Si. Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K, LO Kodim 1205 Sintang, Ketua TP-PKK Kabupaten Melawi, para Kepala OPD, unsur Forkopimda, camat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para kepala desa serta tamu undangan. (Ril/titik). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar