Promosikan Museum Kapuas Raya Sintang Lewat Pameran Temporer

KBRN, Sintang : Museum Kapuas Raya Sintang yang terletak di Jalan Sintang Putussibau Kilometer Empat Belas Sintang Kalimantan Barat merupakan museum etnongrafi atau kebudayaan yang saat ini mengangkat thema untuk tiga etnis, yang ada di Sintang, yaitu Dayak, Melayu, dan Tionghoa.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Susana Raguniaty mengatakan kedepan akan melakukan program-program untuk mengenalkan dan mempromosikan Museum Kapuas Raya Sintang.

“Kami akan melaksanakan program publik yaitu pameran temporer, ada belajar bersama di museum dan tahun ini kita adakan belajar tari tradisonal, selanjutnya kita akan adakan lomba film pendek koleksi museum Kapuas raya,” Ucap Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Susana Raguniaty saat dikunjungi oleh tim dari RRI Sintang, Kamis (23/6/2022).

Ia menyebut, pihaknya akan terus melalukan publikasi baik media cetak maupun media digital.

“Jadi kita akan membuat konten-konten yang akan kita share di media social,” katanya.

Susana juga menambahkan peminat yang datang ke Museum Kapuas Raya Sintang cukup banyak untuk melihat berbagai koleksi yang ada ada di Museum.

“yang datang dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan peneliti maupun masyarakat umum,” ujarnya.

Museum Kapuas Raya Sintang memiliki ruangan untuk menyimpan koleksi benda-benda bersejarah yaitu ruang sejarah yang berisikan informasi sejarah Kota Sintang, Ruang Kebudayaan yaitu menampilkan irama kehidupan tiga etnis yaitu Dayak, Melayu dan Tionghoa, ruang tenun ikat yang memamerkan berbagai motif kain tenun ikat dan teknik pembuatannya, serta ruang pendidikan. (Sabina)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar