72 Desa di Sintang Ikuti Pilkades Serentak, Herkulanus Roni ; Penetapan DPS dan DPT Berdasarkan KTP  

KBRN,Sintang  : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni mengatakan pihaknya sudah melayangkan surat kepada kepala desa melalui camat untuk segera membentuk panitia Pilkades tingkat desa. Sesuai jadwal, Pilkades serentak yang diikuti 72 desa di 14 kecamatan akan digelar pada 18 Oktober 2022.

"Kita sudah membuat surat edaran melalui camat untuk segera bentuk panitia pilkades di tingkat desa yang jumlahnya maksimal 5 orang, lalu panwas 3 orang, dan itu sudah ditindaklanjuti di semua kecamatan," ujar Roni, kamis (23/6/2022).

Meski tahapan Pilkades serentak belum sampai ke penetapan DPS dan DPT , namun Pemkab Sintang sudah mempersiapkan seluruh perangkat yang diperlukan untuk mensukseskan agenda Pilkades.

Selain itu, panitia penyelenggaraan tingkat kabupaten juga susah melakukan koordinasi dengan para camat untuk memetakan kemungkinan potensi masalah.

Sejauh ini, Roni menyebut situasi dan kondisi di lapangan berdasarkan informasi dari camat dan informasi penjabat kepala desa yang akan melaksanakan pilkades sampai hari ini berjalan aman dan damai.

"Persiapan tingkat desa bentuk panitia tingkat desa, selanjutnya dibuka pendaftaran bagi calon. Arahan Bupati ada yang menjadi atensi ke panitia, potensi pertama terkait syarat formal, ijazah, ini juga mohon menjadi perhatian para penjabat kades. Kemudian penetapan DPT berdasarkan kemendagri basisnya KTP. 6 bulan sebelum DPS yang bersangkutan harus sudah ber-KTP di desa tersebut. Penetapnya DPS dan DPT dasarnya KTP domisili bersangkutan," jelas Roni.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang , Yosepha Hasnah memastikan seluruh tahapan dan panitia penyelenggara sudah siap melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022.

"Persiapan di kabupaten kita sudah siap, dana pelaksanaan juga sudah ada, kemudian kesiapan lainnya juga sudah matang," jelasnya. (Ram)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar