Jelang Idul Adha, Petugas Periksa Kesehatan Hewan Kurban di Sintang

KBRN,Sintang : Petugas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sintang melakukan pengawasan sekaligus memeriksa Kesehatan hewan kurban  jelang Idul Adha 1443 hijriah.

Hal itu dilakukan untuk memastikan hewan Kurban dalam keadaan sehat dan layak konsumsi.

Belasan ekor sapi milik peternak di Binjai, diperiksa satu persatu oleh tim dokter. Mulai dari mulut, gigi, hingga kondisi umum fisik.

"Pemerikaaan ini dalam rangka kesiapan kesediaan hewan kurban di kabupaten sintang. Kami setiap tahun mengadakan pengawasan dan pemeriksaan Kesehatan hewan kurban, baik yang punya petani , pedagang maupun yang sudah di masjid," ujar Medik Veteriner pada Bidang Peternakan di Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten sintang , Widodo, Kamis (23/6/2022).

"Jadi setiap tahun kita laksanakan. Pada hari ini kita periksa kesehatan ternak di tempat pedagang, pengumpul sapi untuk persiapan kurban , yang kita lihat dari segi kesehatan ternak, umurnya, maupun dari kelengkapan ternaknya dan tubuhnya," jelasnya.

Pemeriksaan hewan kurban dianggap penting oleh Widodo, untuk memastikan kesehatannya dan usia hewan kurban .

"Apakah ternak sapi ini benar-benar sehat, tidak ada tanda sapinya sakit, makanya bagus, nafsu makan bagus, kita lihat juga kondisi fisik tubuh tidak ada cacat, lengkap tubuhnya," jelasnya.

Selain itu, pemeriksaan Kesehatan hewan kurban juga sebagai langkah antisipasi penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang tengah mewabah.

Apalagi, di sintang sudah ada beberapa ekor sapi yang terindikasi suspect PMK berdasarkan ciri-cirinya. Hanya saja, untuk memastikan PMK pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium.

"Pemeriksaan ini juga untuk jaga-jaga, dalam arti jangan sampai penyakit PMK menyebar ke wilayah kita. Kaitannya dengan kesiapan Kurban kan sangat berpengaruh juga dengan adanya PMK ini," tegas Widodo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar