PODSI Kalbar Jaring Atlit Dayung Diajang Festival Air Kapuas

KBRN, Sintang : Sekretaris Persatuan Olahraga Dayung (PODSI) Provinsi Kalimantan Barat Abdi Nurkamil Mawardi menyambut baik pelaksanaan Festival Air Kapuas dengan menggelar lomba dayung dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi kota Sintang ke 660.

Menurutnya ajang ini sekaligus untuk menghadapi PORPROV yang akan digelar tahun ini di kabupaten Sambas November mendatang.

“ Kegiatan olah raga dayung ini sempat terhenti karena covid-19, Alhamdulillah saat ini kita mulai lagi dalam ajang festival air Kapuas di Sintang, moment ini dipersiapkan untuk momentum Pekan Olah Raga Provinsi Kalimantan Barat,” katanya, kamis (26/5/2022).

Abdi menegaskan, Dayung merupakan Olahraga leluhur sehingga dipastikan kegiatan ini selalu mendapatkan perhatian masyarakat dan banyak sekali peminatnya.

“ Kita tetap mempertahankan Budaya olah raga dayung ini yakni Bidar dan perahu naga dari fiberglas,” tambahnya.

Atlet Olahraga Dayung Kalbar juga telah berkiprah di beberapa negara seperti Singapure, Malaysia hingga ke China dan rata rata juara.

“ Event event di setiap kabupaten seperti ini merupakan ajang PODSI mencari Bibit pendayung muda, ada beberapa atlet yang harus disiapkan seperti Kayak, Kano, Rowing dan Perahu naga, sehingga ajang ini benar benar kita manfaatkan untuk itu,” tandasnya.

Lomba dayung dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi kota Sintang ke 660 mendapatkan perhatian masyarakat cukup besar, sepanjang race di dua bibir sungai terlihat ratusan warga sengaja berkumpul untuk menyaksikan ajang ini.

Beberapa tenda darurat dibuat warga untuk menonton perlombaan dayung secara langsung dan gratis dipinggiran sungai .(fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar