kcamatan Ella Hilir Melawi Bentuk BKAD

KBRN, Melawi : Sejumlah Kepala Desa (Kades) di kecamatan Ella Hilir beberapa hari yang lalu melakukan rapat mengenai Mekanisme Pemilihan BKAD desa yang mana salah satu nya akan di pilih oleh sejumlah anggota kades lainnya untuk menjadi ketua Badan Keuangan Dan Aset Daerah ( BKAD ) di kecamatan Ella Hilir kabupaten Melawi.

Dalam Kesempatan tersebut Camat Ella Hilir H.B.M. Noh mengatakan Badan kerjasama antar desa merupakan bentuk kerjasama desa satu dengan desa lain dalam satu kecamatan atau antar kecamatan dalam satu kabupaten.

M. Nuh menambahkan Badan kerjasama antar desa yang sebelumnya di gunakan oleh Program PNPM Mandiri Perdesaan untuk melestarikan asset Program telah mendapatkan landasan yang lebih kuat, dalam peraturan perundangan sebelumnya istilah Badan kerjasama antar desa secara eksplisit.

“Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan rapat pra musyawarah antar Desa Sekecamatan Ella Hilir ini adalah untuk merencanakan rapat pembentukan kelembagaan BKAD Kecamatan Ella Hilir yang telah berakhir masa jabatannya, dan pemilihan ketua BKAD yang baru sehingga kegiatan BKAD dapat berjalan dengan baik serta berkembang sesuai dengan visi dan misi kelembagaan. Pelaksanaan pemilihan BKAD pada tanggal 7 Juni 2022 mendatang, setiap Desa di Kecamatan Ella Hilir memiliki hak untuk mencalonkan 1 orang satu Desa dan pemilihannya dilaksanakan secara voting,”ucap  Camat Ella Hilir.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Ella Hilir Iptu Widaya menyampaikan akan selalu mendukung kegiatan BKAD Kecamatan Ella Hilir, karena BKAD merupakan organisasi kerjasama yang mempunyai lingkup wilayah antar Desa.

“BKAD berperan sebagai lembaga dalam mengelola perencanaan pembangunan partisipatif, mengembangkan bentuk-bentuk kerjasama antar Desa, menumbuhkan usaha-usaha pengelolaan aset produktif, serta mengembangkan kemampuan mengelola program-program pengembangan masyarakat di Kecamatan Ella Hilir,” tutupnya.

Kegiatan tersebut, dihadiri Camat Ella Hilir H.B.M. Noh, Kapolsek Ella Hilir Iptu Widaya, Bhabinsa Koramil Ella Hilir, Bhabinkamtibmas Polsek Ella Hilir, Pendamping Desa, Perwakilan BKAD Kecamatan Ella Hilir dan para Kepala Desa Sekecamatan Ella Hilir Kabupaten, Melawi. (Ril/Titik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar