Pemerintah Targetkan Data 16 Ribu UMKM di Sintang

KBRN, Sintang: Dinas  Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM kabupaten Sintang  akan melakukan pendataan pelaku UMKM di kabupaten Sintang agar pemerintah memiliki data akurat pelaku dan jenis usaha yang ada di kabupaten Sintang.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM dinas Perindustirian perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang Nashirul Haq mengatakan saat ini pemerintah belum memiliki data akurat UMKM Sintang sehingga menyulitkan ketika akan melakukan intervensi program kepada UMKM.

“ Kami menargetkan 16 ribu UMKM  di seluruh wilayah kecamatan terdata oleh disperindag, selama ini datanya masih simpang siur, kita akan akan melakukan pendataan sampai 2024,” katanya saat menjadi Narasumber Dialog Beranda Nusantara di studio News Room RRI Sintang, selasa (24/5/2022).

Nashirul Haq mengatakan, Pendataan ini melibatkan petugas di setiap kecamatan dengan menargetkan 1 orang mampu mendata 500 UMKM dari 32 petugas yang dikontrak.

“Tujuanya, Pemerintah memiliki data real dan jenis Usaha, penggunaan tenaga kerja, permodalan hingga kapasitas UMKM, dengan data ini pemerintah akan tahu jenis usaha apa yang paling memiliki potensi di Sintang,” kata Nashirul.

Sementara pelaku Usaha UMKM Sintang Ernawati menyatakan, saat ini yang diperlukan UMKM selain permodalan juga event untuk melakukan promosi produk, mengingat pandemi ini telah banyak membuat pelaku usaha stagnan dalam melakukan promosi di event  lokal maupun nasional.

“Kita harap pemerintah dapat memfasilitasi kegiatan promosi ini, beberapa kegiatan yang direncanakan sempat terhenti yang mengakibatkan pertumbuhan usaha stagnan,” ucapnya.

Hadir dalam dialog tersebut juga Dosen Fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, Adriansyah, ST, MM yang menyatakan pentingnya memberikan edukasi manajement bisnis pada UMKM agar para UMKM dapat naik kelas. (fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar