Pandemi Melandai Pelaku Industri UMKM dan Industri Kreatif di Sintang Optimis Kondisi Akan Segera Pulih

KBRN, Sintang : Pasca pandemi Covid-19 yang beberapa tahun belakangan menghantam semua aspek kehidupan termasuk pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) termasuk juga industri kreatif, kini setelah situasi pandemi semakin hari semakin melandai perlahan beberapa sektor ini kembali menemukan geliat pertumbuhan.

Optimisme ini ditunjukkan oleh salah satu pelaku usaha UMKM di bidang usaha depot air galon Orient Water, Ardi yang mengatakan indikasi geliat UMKM di Kota Sintang semakin baik adalah dengan semakin meningkatnya omzet dari tempat usahanya dari hari ke hari.

“Puji Tuhan, Usaha depot galon Orient Water berkembang terus. Hasilnya dari hari ke hari semakin meningkat,” ujar Ardi.

Ardi melanjutkan situasi pandemi yang sudah sangat melandai ini cukup berpengaruh terhadap mobilitas masyarakat yang pada akhirnya juga berpengaruh terhadap penjualan usaah depot air minumnya. Ia mencontohkan, dengan semakin ramainya usaha warung kopi yang marak di Kota Sintang membuat permintaan pasokan air minum kemasan juga ikut naik.

Di bidang industri kreatif juga memiliki optimisme yang sama, seperti yang disampaikan oleh salah seorang musisi, MC dan event organizer, Abdul Fatah Hudari yang melihat geliat industri kreatif di Kota Sintang sudah mulai nampak, terbukti dari mulai ramainya jadwal band, pernikahan dan event-event di Kota Sintang.

“Situasi pandemi yang sudah mulai longgar ditambah lagi Presiden Joko Widodo sudah membolehkan membuka masker di ruang terbuka membuat optimisme industri kreatif semakin menguat. Kita bikin event di luar beberapa kali itu animonya luar biasa. tidak hanya di event musik, di event pernikahan juga sudah mulai ramai. Adanya kelonggaran ini membuat kita lebih leluasa bergerak,” kata Abdul.

Abdul mengajak para pegiat industri kreatif di Kota Sintang untuk sama-sama membangun kembali habitat yang nyaman untuk tumbuh kembang industri kreatif ini. Ia mengaku bersama dengan rekan-rekannya sedang menyiapkan gelaran event dalam waktu dekat ini dan berharap kegiatan-kegiatan semacam ini akan semakin banyak digelar dan industri kreatif bisa menjadi salah satu pilihan karir para pegiat di dalamnya. (Dby)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar