Memperlancar Program Bansos, Dinsos Sintang Launching Ompu Batabas dan Puskesos

KBRN, Sintang : Dinas Sosial Kabupaten Sintang melaunching Ompu Betabas dan Puskesos Betabas pada Kamis, 19 Mei 2022 di Halaman Dinas Sosial Kabupaten Sintang. Program ini dilaunching oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Setina menjelaskan Ompu Betabas merupakan akronim dari Optimalisasi Puskesos Bersama Tuntaskan Bantuan Sosial. Sedangkan Puskesos Betabas merupakan akronim dari Pusat Kesejahteraan Sosial Bersama Tuntaskan Bantuan Sosial. 

Setina mengatakan Kantor Dinas Sosial juga dijadikan Sekretariat Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Bersama Tuntaskan Bantuan Sosial (Betabas). “Puskesos didirikan bertujuan untuk menjadi Pusat Informasi program-program perlindungan sosial  dan  penanggulangan  kemiskinan,  baik  yang dikelola oleh pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, desa maupun swasta,” ujarnya.

Ompu Betabas dan Puskesos kata Setina menyediakan  pelayanan  perlindungan  sosial  dan penanggulangan kemiskinan untuk warga miskin dan rentan miskin serta Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang terpadu ditingkat desa atau kelurahan.

Puskesos juga menyediakan pelayanan dan rujukan untuk program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang terpadu untuk warga miskin dan rentan miskin di tingkat desa atau kelurahan. Puskesos juga nantinya akan membantu mengidentifikasi keluhan warga miskin dan rentan  miskin  serta memantau  penanganan  keluhan tersebut dan untuk kemudian memastikan keluhan warga miskin dan rentan miskin tertangani  dengan  baik  oleh  pengelola  program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Setina mengakui permasalahan dalam penyaluran bantuan sosial selama ini yaitu belum adanya wadah yang kredibel dan terintegrasi untuk membantu penyaluran bantuan sosial. Begitu pula kurangnya jumlah dan kemampuan SDM unit pelayanan masih menjadi masalah tersendiri dalam penyaluran bantuan sosial.

Setina berharap pada tahun 2023 semua kecamatan sudah memiliki puskesos sehingga bisa mempermudah penyaluran bantuan-bantuan sosial yang akan disalurkan kepada masyarakat. (Dby)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar