Belum Tuntas Laporkan PABDs 26 Desa di Kapuas Hulu Tak Dapat Cairkan ADD

KBRN, Kapuas Hulu : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mendata 26 desa dari 278 desa di Kabupaten Kapuas Hulu belum mencairkan dana desa tahap pertama tahun anggaran 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Kapuas Hulu Rupinus mengatakan pencairan dana desa di 26 desa tersebut terkendala disebabkan laporan pertanggungjawaban yang belum diselesaikan serta masih menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Desa (APBDES).

“Kami telah mengingatkan 26 desa tersebut agar segera melakukan pencairan, karena batas pencairan dana desa tahap pertama tahun anggaran 2022 yakni bulan Juni 2022, dan apabila tidak segera menyampaikan pengajuan pencairan maka dana desa terancam tidak bisa dicairkan,” katanya, Selasa (17/5/2022).

Ia juga meminta kepada pihak desa agar melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan jika ada kendala karena rekomendasi pencairan dana desa melalui masing-masing Kecamatan.

Rupinus menambahkan total dana desa untuk Kapuas Hulu pada tahun anggaran 2022  sebesar kurang lebih 200 miliar rupiah dan ia juga mengingatkan para kepala desa agar memanfaatkan dana desa secara tepat sasaran dan sesuai aturan, termasuk dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.(Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar