Kenalkan Budaya dan Alat Tradisional, Disdik Sintang Produksi Film Dokumenter

KBRN, Sintang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang memproduksi film dokumenter dengan anggaran difasilitasi melalui dana budaya, bidang kebudayaan.   

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Susana Raguniaty mengatakan pada tahun 2021 mengangkat film dokumenter menggambarkan tentang alat musik kledik, naskah yang telah tersusun berdasarkan hasil seminar dan melibatkan perwakilan dari berbagai unsur terkait, Film ini dikirim ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Selama pandemi covid-19 ini tidak ada pertunjukan, maka kami membuat film dokumenter yang juga kami kirim ke Pusat untuk tayang tingkat Nasional, yang sudah kami kirim kami mengangkat mengenai alat musik kledik,”kata Susana Raguniaty, Senin (16/5/2022).

Sedangkan tahun ini kata Susana, pihaknya kembali membuat film dokumenter yang selanjutnya akan tayang di Youtube Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, film yang disajikan ini merupakan langkah yang dilakukan dalam pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat.

Ada lebih dari lima ratus koleksi Museum Kapuas Raya Sintang yang akan di bedah atau digali informasinya dari sumber terpercaya, tentunya ini lanjut Susana diperlukan kerjasama semua pihak, agar seluruh Koleksi Museum Kapuas Raya Sintang dapat terdokumentasi dengan baik dan menjadi ilmu bermanfaat dari generasi ke generasi. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar