Cegah Tindak Kriminalitas, Camat Sintang Minta Akktifkan Kembali Poskamling dan Pendataan Warga

KBRN, Sintang : Kabupaten Sintang sempat dihebohkan oleh video viral tertangkapnya 2 wanita yang belakangan diketahui ibu dan anak yang tertangkap warga karena mencuri sepeda motor di salah satu kompleks perumahan warga di Kabupaten Sintang. Menanggapi hal tersebut, Camat Sintang, Siti Musrikah meminta kepada para Kepala Desa dan Lurah yang berada di wilayah Kecamatan Sintang untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling dan mendata warga terutama para penghuni kos.

“Dalam berbagai kesempatan, Saya menghimbau kepada Kades dan Lurah untuk mulai mendirikan pos kamling, mulai mengadakan pelatihan hansip kembali. Kami juga sudah mengeluarkan surat melalui lurah untuk diperpanjang sampai ke RT dan RW untuk menertibkan para penghuni rumah kos. Kami bahkan mengeluarkan surat resmi berikut dengan contoh bagaimana mendata penghuni-penghuni rumah kos karena undang-undang kependudukan itu masih berlaku bahwa orang yang pindah harus tetap melapor kepada RT, jangan sampai ketika sudah ada asalah baru mencari Pak RT,” ujar Siti Musrikah.

Siti Musrikah mencontohkan, beberapa kasus kejahatan yang terjadi yang melibatkan penghuni kos biasanya tidak terdata. Maka Siti Musrikah meminta setiap warga yang baru pindah ke suatu wilayah untuk melaporkan diri kepada Ketua RT setempat, begitu pula dari pihak RT harus pro aktif untuk mendata warga yang tinggal di wilayahnya. (Dby)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar