HUT Pemprov Kalbar, Sintang Berikan Layanan KB gratis

KBRN, Sintang: Memperingati Hari Ulang Tahun ke-65 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan layanan KB Gratis kontrasepsi jangka panjang kepada masyarakat 26 hingga 30 Januari 2022.   

Kepala Puskesmas Dara Juanti Sintang dokter Haryono Linoh mengatakan petugas di Puskesmas Dara Juanti Sintang siap memberikan layanan KB gratis kepada masyarakat, untuk itu Ia mengajak masyarakat di Wilayah kerja Puskesmas Dara Juanti Sintang yang memerlukan layanan kontrasepsi jangka panjang dapat memanfaatkan layanan ini dengan datang ke Puskesmas Dara Juanti setiap hari jam kerja.

“Kepada masyarakat khususnya Wilayah kerja Puskesmas Dara Juanti Sintang yang ingin menggunakan kontrasepsi jangka panjang, mari datang ke Puskesmas pada jadwal yang telah ditetapkan,” ajak dr. Haryono Linoh, Kamis (27/1/2022).

Sementara itu Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak Kabupaten Sintang Maryadi menjelaskan pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang berupa IUD dan Implant diberikan selain di DKBP3A Kabupaten Sintang, juga Puskesmas, Puskesmas yang telah meyampaikan laporan kesiapan layanan selain tiga Puskesmas yang berada di Kota Sintang yaitu Puskesmas Dara Juanti, Puskesmas Tanjung Puri dan Puskesmas Sungai Durian Sintang, ada juga beberapa Puskesmas yang berada di Kecamatan lainnya seperti Puskesmas Serawai, Ketungau Hilir dan beberapa Puskesmas lainnya.

“Kegiatan layanan KB gratis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan Kepala Dinas Kesehatan telah meyampaikan intruksi langsung kepada seluruh Puskesmas di kabupaten Sintang agar memberikan layanan KB gratis IUD dan Implant kepada masyarakat, seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan layanan ini,” kata Maryadi.   

Menurut Maryadi pelayanan di seluruh Puskesmas ini merupakan bentuk pemerataan pemberian pelayanan kepada masyarakat, masyarakat yang ingin mendapatkan layanan gratis ini cukup membawa KTP dan mengikuti anjuran protokol kesehatan. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar