Kalbar Akan Berangkatkan Jamaah Umroh Perdana Dimasa Pandemi

KBRN, Sintang: Kalimantan Barat akan mengirimkan jamaah Umroh Pertamanya dalam kelompok sejak pandemi Covid-19 yang akan dimulai tanggal 22 februari 2022.

Owner Agi Tour Sintang, Anwar Sayuti mengatakan, situasi pandemi kali ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi selain vaksin meningitis tapi juga harus sudah divaksin covid-19 dua dosis.

“ Bersyukur, mesti menggunakan vaksinasi 2 dosis sinovac para jamaah sudah bisa mengikuti perjalanan ibadah Umroh tanpa booster,” kata Anwar Sayuti, kamis (27/1/2021).

Akibat pandemi ini biaya ibadah umroh memang lebih mahal dari kondisi normal karena jamaah harus dikarantina satu hari di Jakarta, Karantina dapat dilakukan di asrama haji maupun Hotel.

Dari PT Jannah Firdaus yang bekerjasama dengan Agi Tour sendiri menggunakan fasilitas Hotel untuk karantina, Anwar sayuti mengatakan Karantina di hotel relatif lebih aman dan nyaman bagi jamaah.

“Kita berharap masyarakat tidak terlalu khawatir dengan kondisi saat ini karena disanapun kita akan mengikuti aturan yang sudah dibuat dengan baik dengan tata cara Ibadah Umroh dimasa pandemi ini,” ungkapnya.

Sementara Direktur Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengatakan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi sudah menjalani protokol kesehatan untuk mencegah infeksi Covid pada jemaah.

Di Indonesia, Kemenag memberlakukan kebijakan satu pintu atau one gate policy, yaitu semua jemaah umrah harus dikarantina selama satu hari di Asrama Haji di Jakarta, sebelum diberangkatkan.

"Dengan one gate policy, berangkatnya dari asrama haji, untuk memastikan [para jemaah] ikut dulu protokolnya, sesuai dengan yang disyaratkan Saudi. Untuk PCR-nya sudah ditentukan lab yang direkomendasi oleh Kedutaan Besar Saudi Arabia, memenuhi apa yang mereka minta dan juga apa yang ditentukan pemerintah Indonesia," kata Hilman.

Sesampainya di Arab Saudi, jemaah juga harus menjalani beberapa tes PCR dan karantina selama lima hari. (fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar