Cegah Penyebaran Covid 19 ,Dinkes Sintang Lakukan Swab PCR Terhadap 51 Orang Guru

KBRN,Sintang : Dinas Kesehatan kabupaten sintang Kalimantan Barat, mulai melakukan Swab PCR terhadap guru untuk mencegah peningkatan kasus covid 19

Upaya ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran Satgas Penanganan Covid 19  Kalimantan Barat, yang mengintruksikan satgas kabupaten/kota melakukan evaluasi terhadap pembelajaran tatap muka terbatas sesuai SKB 4 Menteri dengan melakukan swab pada guru dan peserta didik secara berkala.

"Kita melakukan swab PCR targetnya adalah guru dari SD, SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Sintang. Kita mulai di kota sintang dulu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh, Rabu (26/1/2022).

Ada 51 guru di SMPN 1 Sintang yang diambil sampel swab PCR. Selain itu, hari ini swab PCR juga dilakukan di 5 sekolah.

"Di SMP 1 ada 51 orang guru, ini kita lakukan screening dalam kita mewaspadai peningkatan kasus," ujar Sinto.

Menurut Sinto, terjadi peningkatan kasus di Pontianak, begitu pula di kabupaten Sintang. Saat ini, kasus konfirmasi aktif yang menjalani perawatan di rumah sakit ada 4 orang dan isolasi mandiri ada 4 orang.

"Di Sintang sudah mulai ada peningkatan kasus, yang dirawat karena covid. Yang dirawat sekarang ada 4 orang di rumah sakit. Kemudian ada 4 orang yang isolasi mandiri," ujar Sinto.

Jika ada ditemukan kasus positif, maka aktivitas sekolah tatap muka terbatas dihentikan sementara.

"Jadi kita sudah mewaspadai peningkatan kasus covid terutama, karena ini sekolah sudah mulai masuktatap muka terbatas. Selain itu. Kami juga melakukan vaksinasi untuk anak umur 6 sampai 12 tahun. Mudah-mudahan tidak ada yang positif, kalau ada yang positif berarti kita rawat, kemudian kita obati, untuk aktivitas sekolahnya kita hentikan dulu tatap mukanya, online lagi. Swab pcr sementara untuk guru dulu, nnti baru siswa Sesuai edaran satgas," tambah Sinto.(Ram)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar