Disperindag Akan Benahi Sejumlah Pasar di Sintang

KBRN, Sintang: Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM kabupaten Sintang Arbudin menyatakan masih banyak pasar di Sintang yang  harus dibenahi. Saat ini Pemkab memilki banyak pasar dan kios namun banyak pula yang tutup bukan hanya di kota kabupaten Sintang bahkan di kota kecamatan.

"Pasar milik pemkab masih banyak kendala harus ada solusi bagaimana pasar milik pemkab  ini bisa berkembang, dan menjadi aktivitas perbelanjaan secara normal, karena PAD didapat dari aktivitas pasar,” katanya.

 Pihaknya menargetkan  pendapatan retribusi dari pasar ini.  Kemudian melakukan studi banding di kota yang memilki persoalan yang sama, pihaknya juga akan menggandeng konsultan untuk memberikan masukan alternatif terbaik bagi permasalahan yang dihadapi pasar di Sintang.

Sejumlah pasar yang dibangun pemerintah di Sintang banyak yang tutup, seperti pasar Raya misalnya, sebagian besar pasar berlantai dua yang dibangun pemerintah cukup megah ini tutup dan tidak ada pedagang yang menempatinya.

Ajo salah seorang pedagang sepatu yang sempat menempati pasar tersebut meminta pemerintah melakukan evaluasi terhadap kebijakan penyewaan pasar, menurutnya banyak orang yang memiliki petak dipasar tersebut bukan pedagang  sehingga mereka tidak melakukan aktivis perdagangan.

“ Mereka hanya memilki petak namun tidak memanfaatkanya untuk berdagang,” katanya.

Sementara Pasar sayur di Jalan dara juanti pun tak berfungsi optimal, banyak kios yang tutup pedagang mengeluhkan  sepi pembeli. ( fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar