MABT Himbau Rayakan Imlek dan Patuhi Prokes

KBRN,Sintang : Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sintang Hermanto Aci mengatakan guna memeriahkan Perayaan Imlek 2573 tahun 2022 dihimbau pada warga tionghoa di sintang untuk dapat memasang ornamen lampion dirumah atau Ruko. Hal ini berdasarkan Surat edaran Camat Sintang  nomor : 300/045/Kec.Stg/Trantib tentang perayaan tahun baru imlek 2573 dan Cap Go Meh tahun 2022.

“Untuk Perayaan Imlek 2573 tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 1 Februari 2022 masih dalam suasana Pandemi Covid-19. Sehingga dirayakan dengan sederhana bersama keluarga .Selain itu menyambut perayaan imlek warga tionghoa agar dapat memasang lampion  dirumah atau ruko ” kata Hermanto Aci, Selasa (25/1/2022).

“Warga tionghoa dianjurkan untuk merayakan bersama keluarga di rumah masing-masing saja, untuk kegiatan sembahyang divihara atau klenteng masih dapat dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan pencegahan covid 19 ” kata Hermanto Aci.

Ditegaskan Hermanto Aci, pada kondisi normal sebelum datangnya Pandemi, biasanya beberapa pekan sebelum menjelang Imlek akan terlihat ada perkumpulan Barongsai yang menggelar latihan. Kegiatan latihan biasanya digelar di halaman komplek pergudangan di Jalan Kapitan Kwee Jiu Hoi sintang, Namun  kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan mengingat masih waspada covid 19.

Diakui Aci, bahwa peniadaan acara Imlek bersama 2573/Tahun 2022 ini memang inisiatif dari pihak Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) kabupaten Sintang.

“Semoga saja pandemi Covid-19 ini segera berakhir, tetap disiplin protocol kesehatan dan varian baru Omicron jangan sampai masuk ke kabupaten sintang,” tambah Hermanto Aci.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar