Jelang Imlek, Camat Sintang Ajak Warga Tionghoa Pasang Lampion

KBRN, Sintang : Camat Sintang , Siti Musrikah menghimbau agar masyarakat Tionghoa di Kecamatan Sintang , yang merayakan imlek dan Cap Go Meh agar memasang lampion di rumah masing-masing.

Seperti tahun sebelumnya, Siti Musrikah mengeluarkan surat edaran  nomor 300/045/Kec.Stg/Trantib tentang perayaan tahun baru imlek 2573 dan Cap Go Meh tahun 2022.

“Kami menghimbau bagi warga yang merayakan imlek dan Cap GO Meh yang tinggal di rumah maupun di ruko wilayah Kecamatan Sintang , agar dapat memasang minimal sepasang lampion,” kata Siti Musrikah, Selasa (25/1/2022).

Siti Musrikah menjelaskan, perayaan Imlek dan Cap GO Meh ditandai dengan pemasangan lampion tidak menjadikan permasalahan, karena hal ini menjadi bagian dari budaya salah satu etnis yang ada di Indonesia.

"Kepada seluruh masyarakat sintang, wujud miniaturnya Indonesia di wilayah sintang, supaya menghargai toleransi. Karena warga tionghoa juga berhak merayakan, sebagaimana kita merayakan idul fitri, natal. Itulah wujud toleransi yang indah. Kalau kita saling menghargai, itu indah sekali," jelas Siti.

Perayaan imlek dan Cap Go Meh di tengah pandemi Covid-19, harus dirayakan secara terbatas. Tidak boleh ada kegiatan yang bersifat menimbulkan kerumunan, untuk menghindari potensi meluasnya Covid-19 di Kabupaten SIntang.

"Tujuan dari pemasangan lampion ini, untuk memeriahkan wajah kota Sintang , untuk menyambut tahun baru imlek. Ibadah tetap bisa dilaksanakan, tetapi tetap tidak menimbulkan kerumunan,,” tambahnya.(Ram)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar