Musrenbangdes Sungai Ana Kecamatan Sintang, Ini Usulannya

KBRN, Sintang: Enam puluh hingga delapan puluh persen jembatan kayu Desa Sungai Ana Kecamatan Sintang kabupaten Sintang yang digunakan masyarakat untuk pendistribusian logistik dengan kondisi rusak menjadi pembahasan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Sungai Ana tahun anggaran 2023 sebagaimana tema yang diusung yaitu pemulihan ekonomi melalui peningkatan infrastruktur dasar, mutu pelayanan kesehatan, sumber daya manusia yang berkualitas menuju Sintang inovatif, maju dan lestari, Musrenbangdes dilaksanakan di Kantor Desa Sungai Ana, Rabu (19/1/2022).

Kepala Desa Sungai Ana Marlian Syah mengatakan prioritas pembangunan pada 2023 mendatang menciptakan tata kelola Pemerintahan yang baik, dimulai dari pembinaan aparatur Desa untuk dapat memberikan pelayanan terbaik, selain itu bidang kesehatan dalam upaya mencegah stunting, banyak hal yang menjadi usulan untuk dilakukan perbaikan dalam musrenbangdes, gagasan yang inovatif akan mendorong kemajuan Desa Sungai Ana Sintang.

“Kalau kita lihat jembatan kita di Sungai ana ini rata-rata masih jembatan kayu, hampir setiap tahun kita menganggarkan untuk jembatan, kita usulkan agar pembangunan jembatan dari beton baja jadi bukan kayu lagi,” kata  Marlian Syah.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang Senen Maryono  mengatakan pembangunan harus memenuhi beberapa aspek yaitu partisipatif atau peran serta masyarakat, transparan, nilai-nilai kegotong royongan dan akuntabel atau pertanggung jawaban.

“Keikutsertaan masyarakat sangat perlu dilakukan, nah...saya melihat disini sudah bagus, Nampak keikutsertaan masyarakat,” ungkap Senen Maryono.

Menurut Senen Maryono transparansi sangat berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat, dengan demikian akan mencul sikap saling tolong menolong, menjaga kekompakan dalam pembangunan. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar