Curah Hujan Tinggi, Banjir di Kapuas Hulu Meluas

KBRN, Kapuas Hulu : 8 desa dan 1 kelurahan di 3 Kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat terendam banjir dengan ketinggian air berkisar 50 cm sampai 1 meter sejak Kamis, (13/1/2022) akibat tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Kapuas Hulu beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan mengatakan berdasrkan laporan dari pihak desa dan kecamatan serta pantauan Tim BPBD di lapangan 8 desa dan 1 kelurahan yang terendam banjir yakni 3 desa di Kecamatan Mentebah yaitu desa Tanjung Intan, desa Nanga Mentebah dan desa Mentebah, 5 desa di Kecamatan Kalis yakni desa Kalis Raya, desa Nanga Kalis, desa Tekudak, desa Nanga Danau dan desa Nanga Tubuk, serta Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan.

“Akibat banjir tersebut beberapa ruas jalan desa terendam namun masih bisa dilewati kendaraan dan hingga saat ini belum ada warga terdampak yang mengungsi,” katanya, Jumat (14/1/2022).  

Gunawan mengatakan penanganan sementara pihaknya telah melakukan monitoring kesejumlah wilayah dataran rendah dan meminta pihak kecamatan dan desa agar segera melaporkan jika terjadi bencana supaya bisa cepat ditangani. Dan menghimbau kepada masyarakat Kapuas Hulu agar selalu berhati-hati dan waspada mengingat saat ini di Kapuas Hulu cuaca cukup ekstrim dan sering terjadi hujan disertai angin kencang dan petir. (Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar