Herkulanus Rony : Dinas PMPDes Akan Nilai Kinerja Pemerintahan Desa Melalui Rapor

KBRN,Sintang : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkulanus Rony  mengatakan pada tahun 2022 akan dimulai penerapan rapot desa untuk menilai kinerja pemerintahan desa. Penilaian Desa dilakukan untuk mewujudkan lebih banyak desa maju dan mandiri di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

"Rapot desa tahun 2022  kita mulai, Setahun sekali kita nilai. Tujuannya ingin mewujudkan desa maju dan mandiri," kata Rony, saat dhubungi RRI ,Jumat (14/1/2022).

Kalau desa sudah mampu melaksanakan penyelengagaran pemerintahan mulai dari perencanan sampai pertangungjawaban sesuai standar," lanjutnya.

Menurutnya, terjadi skala perioritas penilaian mulai tahun 2022. Garis besar yang diprioritaskan, mengenai kinerja pemerintahan desa, perencanaan, sampai dengan pertanggungjawaban.

"Kita wajibkan untuk dilaporkan oleh pemerintah desa, hingga nanti kita bisa memberikan penilaian, desa ini tipenya a, b atau c," kata Rony.

Penilaian dilakuan setiap setahun sekali. Apabila desa dapat rapot baik, maka akan diberikan reward.

"Nanti 2023 kita berikan reward misalnya setifikat sesuai kriteria. Harapan kita kalau diberikan rapot mereka saling termotivasi untuk menjadi yang terbaik dalam tata kelola pemerintahan desa, “ tegas Rony.

Ditambahkan Rony, untuk sanksi sementara waktu ini memang lebih pada pembinaan terhadap desa yang dianggap masih belum standar. Harapannya jika sudah dilakukan pembinaan seperti itu, tidak ada lagi desa yang melakukan pelanggaran.(Ram)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar