Jalan Rusak, Antrian Panjang Kendaraan Melintas Tidak Dapat Dielakan

KBRN, Sintang: Kerusakan Infrastuktur jalan tanah kuning dari Senaning Kabupaten Sintang menuju Balai Karangan Kabupaten Sanggau menyebabkan antrian panjang kendaraan baik kendaraan pribadi maupun truk pengangkut sembako menuju Wilayah Perbatasaan Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang.

Salah seorang warga Perbatasaan Kecamatan Ketungau Hulu Fahri kepada RRI mengakui biasanya jalur ini dapat ditempuh dalam waktu tiga jam, namun ketika musim penghujan dapat ditempuh lima hingga enam jam bahkan kerap kali menginap dalam perjalanan.

“Biasanya dari Senaning ke Balai Karangan waktu tempuh saya menggunakan kendaraan baik roda empat maupun roda dua, cukup tiga jam, namun saat hujan seperti ini memang harus melakukan persiapan kemungkinan menginap di jalan, ini pernah saya alami,” ungkap Fahri, Jum’at (14/1/2022).

Sementara Itu Ketua Kelompok Informasi Masyarakat perbatasan Ambresius Murjani mengatakan infrastruktur jalan tanah sekitar dua puluh kilometer, terjadi kerusakanan pada titik tertentu, namun untuk suplai kebutuhan bahan pokok di Wilayah Perbatasan masih aman terkendali, tidak ada kelangkaan ataupun lonjakan harga sembako.

“Kondisi infrastruktur jalan tanah ini rusak parah hanya pada kondisi tertentu seperti musim penghujan, namun kebutuhan bahan pokok aman, masyarakat selalu  waspada ketika curah hujan tinggi,” jelas Murjani.

Dikatakan Ambresius Murjani Jalan ini merupakan satu-satunya jalan di sepanjang perbatasan yang digunakan penduduk maupun perusahaan kelapa sawit untuk mengangkut buah kelapa sawit, jalur ini menghubungkan antara Desa Senaning Kecamatan Ketungau Hulu  Kabupaten Sintang menuju Balai Karangan Kabupaten Sanggau. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar