Umrah Kembali Dibuka, Calon Jamaah Haji Sintang Harapkan Berangkat

KBRN, Sintang: Informasi dibuka kembali penyelenggaraan ibadah Umrah ke tanah suci Mekah memberikan harapan kepada seluruh calon Jamaah Haji Kabupaten Sintang Kalimantan Barat dapat menunaikan Ibadah Haji tahun ini.

Ketua Rombongan Jamaah Haji Kabupaten Sintang Soni Wijaya menyatakan ungkapan syukur dengan dibuka kembali ibadah Umroh, besar harapan Calon Jamaah Haji dapat berangkat menunaikan Ibadah Haji, seluruh Jamaah haji Sintang kata Soni siap melakukan pemeriksaan kesehatan kembali maupun seluruh persyaratan yang harus dipenuhi.

“Alhamdulillah dengan dibuka kembali kegiatan Umroh, mudah-mudahan Ibadah haji yang sempat ditunda bisa berangkat juga tahun ini, semoga saja tidak ada lagi perubahan dan Jamaah Haji sudah mulai melakukan persiapan kembali,” ungkap Soni, Kamis (13/1/2022).

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anuar Akhmad membenarkan informasi umrah kembali dibuka, H. Anuar Akhmad menjelaskan Kementerian Agama memastikan penyelenggaraan ibadah Umrah kembali dibuka dengan enam persyaratan.

“Informasi pelaksanaan ibadah Umroh yang dilaksanakan pada 8 Januari 2022 itu adalah benar, namun dengan penerapan protokol kesehatan ketat,” jelas H. Anuar Akhmad.

H. Anuar Ahmad menjelaskan enam persyaratan tersebut yaitu Umrah dilaksanakan dengan pengawasan terhadap kepatuhan prokes secara ketat baik di tanah air maupun di Arab Saudi.

Penyelenggaraan wajib melaporkan keberangkatan melalui sistem informasi pengawasan terpadu Umrah dan haji khusus, keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung melalui Bandara Soekarno Hatta.

Kepulangan Jamaah Umrah mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh satgas penanganan Covid-19 Nasional, Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kabupaten/Kota Wajib melakukan pengawasan keberangkatan Jamaah Umrah di Wilayahnya.

Keberangkatan sebanyak empat penerbangan awal mengacu kebijakan Umrah satu pintu menggunakan Asrama Haji Jakarta sebagai lokasi screening dan titik awal keberangkatan dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU.  (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar