Presiden Jokowi Bersama Masyarakat Sintang Tanam Pohon di Areal Bekas Tambang Untuk Pulihkan Lingkungan

KBRN, Sintang : Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada Rabu (8/12/2021) mengunjungi Kabupaten Sintang dalam rangka peresmian Bandara Tebelian Sintang sekaligus meninjau penanganan banjir yang melanda Kabupaten Sintang beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan tersebut, presiden juga menyempatkan diri bersama masyarakat Kabupaten Sintang untuk melaksanakan penanaman pohon di areal bekas pertambangan yang sudah ada sejak tahun 90an. Jokowi mengatakan kegiatan penanaman pohon ini akan dilanjutkan di provinsi-provinsi lain guna mencegah kerusakan alam yang menyebabkan terjadinya banjir.

“Penanaman pohon untuk pemulihan lingkungan di bekas-bekas tambang yang ada di Kalimantan Barat, yang juga akan dilanjutkan juga di provinsi-provinsi yang lain. Kita harapkan dengan penanaman pohon tadi, pemulihan lingkungan, utamanya di kesmen-kesmen area, di daerah tangkapan air dan daerah tangkapan hujan di aliran sungai Kapuas dan sungai Melawi di hulunya banyak yang rusak karena pertambangan dank arena perkebunan,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi berharap kegiatan tersebut juga dimulai di tempat-tempat lain sehingga perbaikan lingkungan di bekas-bekas tambang betul-betul bisa dikerjakan dengan baik. Selain itu, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan persemaian di sekitaran sungai Kapuas dan Melawi dalam rangka merehabilitasi hutan-hutan yang rusak. (Dby)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar