Gulat Manurung, Kalbar Menduduki Peringkat Kedua Nasional Sebagai Provinsi Penghasil Sawit

KBRN, Sintang: Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia Gulat Manurung mengatakan berdasarkan data statistik, tiga besar provinsi penghasil sawit di Indonesia yaitu provinsi Riau, Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Kalimantan Barat, namun berdasarkan data terakhir, Kalimantan Barat telah menduduki peringkat kedua Nasional sebagai Provinsi penghasil sawit.

Hal ini disampaikan Gulat Manurung dalam sambutannya secara virtual saat kegiatan Workshop pemberdayaan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi Pondok Pesantren dalam program Peremajaan Sawit rakyat se-Kalimantan Barat 3 Desember 2021.

“mohon dukungan dari masyarakat yang ada di Kalimantan Barat tetap fokus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui sawit Indonesia,”kata Gulat Manurung.

Dikatakan Gulat, sekalipun ada bencana alam banjir besar di Kalimantan Barat yang sedikit mengusik kenyamanan para petani sawit, namun ini dijadikan koreksi bahwa petani sawit tetap mengedepankan lingkungan, sebab beberapa Wilayah yang tidak ada lahan Kelapa sawit besar diantaranya seperti Jakarta dan Jerman juga pernah terjadi banjir.

Menurut Gulat, wajar Kalimantan Barat sebagai tonggak sejarah, pemicu semangat petani sawit yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, Kabupaten Sintang telah berhasil menunjukan jati dirinya sebagai pusat pengembangan kelapa sawit. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar