Dua Kelurahan di Kecamatan Sintang Memiliki LPM Giat Jemput Bola Sampah Rumah Tangga

KBRN, Sintang: Kelurahan Kapuas Kanan Hulu dan Kelurahan Ladang Kecamatan Sintang telah efektif melakukan kegiatan pengangkutan sampah secara jemput bola ke rumah warga yang dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang Edy Harmaini memberikan apresiasi kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sebab sangat membantu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang dalam mengangkut sampah, disisi lain Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dapat mengolah sampah yang dapat didaur ulang sehingga memiliki nilai ekonomis.

“Kita ingin masyarakat tertib membuang sampah dari jam 17.00 WIB sampai 06.00 WIB, siang itu kosong, jadi siang terlihat bersih dari tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah sementara di Kota Sintang ini,” kata Edy Harmaini, Kamis (2/12/2021).

Dikatakan Edy untuk kelurahan lain secara perorangan juga sudah tampak ada di Kecamatan Sintang, namun nantinya akan dilakukan penertiban karena harus mengantongi izin pengangkutan sampah.

Kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat kata Edy sinergi dengan program Dinas Lingkungan Hidup bahwa setiap Kelurahan kedepan diupayakan harus ada TPS3R atau sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar