Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang Perluas Jaringan

KBRN, Sintang: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang terus mengembangkan inovasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat salah satunya dengan mengembangkan jejaring perpustakaan.

Salah seorang pelajar di Kota Sintang Desti Gisca Natasya usia 17 tahun mengakui meskipun dengan kemajuan teknologi digital, informasi dapat diakses dengan mudah, namun keberadaan Perpustakaan penting untuk menambah wawasan, menurutnya berbagai jenis literasi yang ada di Perpustakaan memiliki daya tarik tersendiri.

“Saya punya handphone android, mudah untuk mengakses informasi, tapi saya masih sangat membutuhkan keberadaan literasi di perpustakaan, waktu luang, jam istirahat terasa asyik membaca buku di perpustakaan,” ungkap Gisca, Rabu (1/12/2021).

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang Iwan Setiadi mengatakan dalam mengembangkan minat baca masyarakat, pihaknya memperluas jaringan, transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, merubah aktivitas pengunjung yang dulunya hanya datang, pinjam atau baca di tempat, kini diubah dengan berkegiatan, salah satunya bermitra dengan Solidaridad yang mengatur agenda pelatihan peningkatan financial kepada Desa.

“Mengembangkan budaya membaca, kita bermitra dengan pihak lain untuk membuat kegiatan-kegiatan yang memang dapat meningkatkan minat baca masyarakat, mengembangkan wawasan untuk selanjutnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Iwan Setiadi.  

Iwan Setiadi menjelaskan seluruh aktivitas mitra Perpustakaan tentunya mendapatkan dukungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang seperti kegiatan pelatihan peningkatan financial kepada Desa yang dijadwalkan Solidaridad selama bulan Desember ini.

“Ada enam literasi dasar yang harus diketahui masyarakat yaitu literasi baca tulis, literasi angka atau statistik, sains atau ilmu pengetahuan, literasi financial atau keuangan, literasi kebudayaan dan kewargaan dan literasi digital,” jelas Iwan. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar