Atasi Sementara Kerusakan Infrastruktur, Warga Kayan Hilir Gelar Kerja Bakti

KBRN, Sintang: Masyarakat Desa Mentunai Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan kerja bakti memperbaiki jembatan yang rusak akibat banjir agar dapat dilintasi pejalan kaki dan membuat jalan setapak untuk melintasi area jalan yang longsor antara Dusun batu Nangka dengan Dusun KHU Mentunai.

Kepala Desa Mentunai Kecamatan Kayan Hilir Aloisius mengatakan untuk melintasi jalan yang longsor, warga membuat jalan melintasi perkebunan warga, untuk kerusakan jembatan di Dusun Batu nangka ada dua unit, di Mentunai Kanan Hulu ada dua unit dan dua unit di Nanga Morat.

“Jembatan yang rusak ini memang harus segera diperbaiki, kami warga sepakat bergotong royong memasang lantai jembatan dengan kayu kecil disusun rapi agar dapat dilintasi karena jembatan ini dilintasi pelajar menuju sekolah,” kata Aloisius, Jum’at (26/11/2021).

Sementara itu Kasi Pemerintahan Kecamatan kayan Hilir Sadikin mengatakan pihaknya melakukan pendataan kerusakan jembatan maupun fasilitas umum akibat banjir di Kecamatan Kayan Hilir berdasarkan laporan dari Kepala Desa.

“Iya kami sudah menerima laporan dari Kepala Desa mengenai kerusakan rumah, gedung,jalan dan jembatan dan data kerusakan ini kami sampaikan ke Kabupaten,” kata Sadikin.

Sadikin menjelaskan data rumah/gedung/Aset Desa rusak dampak bencana banjir tahun 2021 Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang yang sudah masuk di Kecamatan yaitu di Desa Kerapa Sepan Dusun Sepan Merah satu unit rumah rusak berat, Desa Sungai garong Dusun Gurung Tingkong RT 08 enam unit rumah rusak berat, dua unit rusak sedang dan enam unit rusak ringan, di Dusun Sungai Garong RT 01 ada tiga unit rumah rusak berat.

Desa Nanga Lidau Dusun Longkong Potah RT 001 Kantor Desa Rusak Ringan, tiga unit tambatan perahu rusak berat.

Di Desa Tertung Mau Dusun Tertung Mau tiga unit rumah rusak sedang dan Mekar Mandiri Dusun Cipta Karya RT.002 satu rumah warga rusak berat.

Data Jalan Rusak dampak bencana banjir tahun 2021 Kecamatan Kayan Hilir di Desa Mentunai ada di lima dusun, Dusun taruna,Mentunai, Mentunai KHU, Batu Nangka dan Nanga Morat dengan kerusakan ringan, sedang hingga berat.

Desa Batu Netak di dusun Tanjung Baung, RT.006. RW.003. Desa Kerapa Sepan di Dusun Sepan Merah, Desa Nyangkom di Dusun Nyangkom dan Dusun Obak dan Desa Tertung Mau di Dusun Tertung Mau.

Sedangkan Jembatan rusak dampak bencana banjir tahun 2021 Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang di Desa Batu Netak, Kerapa Sepan, Tanjung Keliling, Nyangkom, Sungai Garong, Pelaik, Mekar Mandiri, Tertung Mau, Landau Beringin, Sungai Emang dan Desa Sungai Pengga. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar