Potensi Curah Hujan Tinggi Pada Desember Hingga Januari, Wakil Bupati Melawi Minta Masyarakat Waspada

KBRN, Sintang : Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen meminta masyarakat Kabupaten Melawi untuk siaga menghadapi potensi curah hujan yang diprediksi akan terjadi mulai Desember 2021 hingga Januari 2022 bahkan bisa berlanjut ke bulan Februari 2022. Hal tersebut disampaikan Kluisen saat menghadiri acara Coffee Morning di Kantor BMKG Kabupaten Melawi, Rabu (24/11/2021).

Kluisen mengingatkan kepada instansi-instansi yang berada di bawah Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi untuk memperhatikan ramalan cuaca yang disampaikan BMKG sehingga program-program pemerintah bisa disingkronkan dengan kemungkinan-kemungkinan terjadinya hambatan karena cuaca. Ia juga meminta untuk ikut serta mensosialisasikan informasi-informasi tentang potensi curah hujan tinggi pada Desember hingga Januari ini kepada masyarakat.

“Kita akan menyampaikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat dan kepada dinas-dinas supaya bisa mengingatkan masyarakat karena diprediksi curah hujan akan berada pada level sedang hingga tinggi pada Desember sampai Januari nanti. Kita minta warga untuk bersiaga lah,” ujar Kluisen.

Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi lanjutnya selalu melibatkan media, baik media cetak maupun elektronik untuk menginformasikan potensi cuaca di Kabupaten Melawi terutama tentang curah hujan. Selama ini RRI juga bekerjasama dengan BMKG untuk selalu memberikan informasi-informasi terkait ramalan cuaca beberapa hari ke depan.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala BMKG Kabupaten Melawi, Rully Alfiandi mengatakan pihaknya sengaja menggelar acara Coffee Morning dengan tema “Apa kabar Cuaca Kita di Akhir 2021 dan Awal 2022” agar semua pihak dapat bekerjasama dalam menanggulangi potensi curah hujan yang berada pada kategori sedang hingga tinggi di akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022 ini.

“Hasil obrolan sambil ngopi-ngopi ini, karena ini bukan pertemuan formal saya harap ada respon lanjutan dari Pemerintah Daerah kemudian instansi terkait di bawah naungan Pemerintah Daerah atau TNI/Polri terkait isu yang kita sampaikan, artinya ada potensi (curah hujan sedang hingga tinggi) ke depan,” ucap Rully.

Berdasarkan penyampaian Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo bahwa semua pihak harus saling bekerjasama untuk merespon bencana geohidrometeorologi yang sudah beberapa kali terjadi serta berpotensi akan terulang kembali diwaktu yang akan datang. Maka Rully berharap setelah secara santai dan dalam situasi yang tidak terlalu formal sambil ngopi-ngopi di kantor BMKG Kabupaten Melawi ini semua pihak yang hadir bisa merespon informasi tentang ramalan cuaca yang telah disampaikan oleh BMKG ini. (Dby)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar