Kadinkes Sintang Ingatkan Ancaman Demam Berdarah Pasca Banjir

KBRN, Sintang : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh mengingatkan masyarakat akan adanya ancaman penyakit demam berdarah pasca banjir yang melanda Kabupaten Sintang hampir satu bulan tersebut. Ia mengatakan sudah ada temuan kasus demam berdarah yang terjadi di Kabupaten Sintang.

Pasca banjir, kata Harysinto biasanya banyak terdapat genangan-genangan air di kubangan-kubangan yang terbentuk karena banjir dan juga banyak botol-botol bekas yang menampung air dan menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk pembawa bibit penyakit demam berdarah.

Harysinto Linoh meminta masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Sintang untuk berhati-hati dan segera membersihkan genangan-genangan air dan sampah-sampah yang berpotensi menjadi sarang dan hidupnya jentik nyamuk.

“Ada beberapa kasus sudah muncul, yaitu demam berdarah. Seperti kita tahu kalau curah hujannya tinggi, selesai hujannya banyak genangan-genangan air dan ada jentik-jentik nyamuk. Beberapa kasus demam berdarah sudah kita temukan di Kabupaten Sintang. Kita menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati lah,” ujar Harysinto.

Begitu pula ketika membersihkan rumah pasca banjir, Kadinkes berpesan agar selalu berhati-hati terhadap pecahan kaca dan besi yang bisa saja mencederai karena biasanya setelah banjir banyak pecahan-pecahan kaca yang terbawa banjir, terlebih pada besi-besi yang berkarat setelah terendam air banjir jika melukai bisa mengakibatkan tetanus. Maka dari itu Harysinto berpesan kepada masyarakat untuk mewaspadai beberapa hal pasca banjir ini yakni bahaya demam berdarah dan berhati-hati saat melakukan bersih-bersih rumah. (Dby)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar