Peduli Bencana Banjir, DKBP3A Kabupaten Sintang Berikan Layanan KB Gratis

KBRN, Sintang: Hari pertama pelayanan KB Gratis di Aula Kantor KB Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Sintang Kalimantan Barat disambut antusias masyarakat, terlihat sejak pukul 08.00 WIB sudah ada antrian untuk mendapatkan layanan KB gratis.

Ditemui RRI saat menunggu antrian Ita 35 tahun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang, menurutnya layanan KB gratis merupakan kepedulian Pemerintah setelah adanya bencana alam banjir, tentunya korban banjir di Sintang telah banyak mengeluarkan biaya baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun mengganti perabotan rumah tangga yang rusak akibat terendam banjir.

Kali ini Ia mengganti jenis KB yang biasa ia pakai, sebelumnya KB Suntik dan sekarang mengganti KB dengan jenis Implan.

“Alhamdulillah ya... layanan KB Gratis kayak gini tentunya ibu-ibu pada suka ya...mudah-mudahan kegiatan ini lebih sering dilakukan,” ungkap Ita, Rabu (24/11/2021).

Sementara itu Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Sintang Khalid Riyandi memberikan arahan mengenai manfaat jenis KB yang ada, lebih diarahkan menggunakan KB jangka panjang, namun pada dasarnya masyarakat bebas memilih jenis KB yang diinginkan.

“Disini kami memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat ber KB, untuk layanan KB hari ini kami lebih mengarahkan agar menggunakan KB jangka panjang, ada yang beralih ke jenis KB jangka panjang, ada juga yang tetap bertahan dengan jenis KB yang biasa dipakai,” jelas Khalid Riyandi.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Sintang Maryadi mengatakan kegiatan ini berlangsung dari tanggal 24 hingga 27 November 2021, masyarakat yang ingin mendapatkan layanan KB gratis cukup membawa foto copy KTP atau menunjukan KTP asli.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada sesama, mari saya mengajak masyarakat untuk mendapatkan layanan KB yang kami berikan selama empat hari ini, cukup dengan membawa KTP,” kata Maryadi.

Dikatakan Maryadi dalam rangka peduli bencana banjir DKBP3A Kabupaten Sintang telah mendistribusikan alat kontrasepsi antara lain kepada Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Sintang  berupa pil KB, Suntik KB beserta alat suntik, ke pramuka Saka Kencana Provinsi kalimantan Barat yang mendapat tugas peduli banjir di Kabupaten Sintang, dalam tim saka kencana ada tenaga kesehatan , pendistribusian berupa pil KB dan pendistribusian juga diberikan ke Posko kesehatan penanganan banjir Kabupaten Sintang. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar