Luapan Sungai Inggar, Kayan Hilir Sintang Kembali Banjir

KBRN, Sintang: Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan luapan Sungai Inggar dan banjir mulai menggenangi pemukiman warga Wilayah bantaran Sungai di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Kalimantan Barat.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Kayan Hilir Sadikin mengatakan ada beberapa Desa yang sudah mulai tergenang banjir seperti Desa Sungai garong, Sungai Sintang, Sungai Buaya, Neran Baya dan kempas Raya.

Sejumlah Desa ini kata Sadikin telah menyampaikan laporan ke Kecamatan melalui pesan Whats App, monitoring terus dilakukan untuk memastikan kondisi keselamatan warga, jika banjir terus tinggi, maka masyarakat dianjurkan untuk mengungsi ke rumah sanak saudara yang tidak terdampak banjir.

“Untuk Daerah aliran Sungai Mau, hingga saat ini kami belum menerima laporan apakah tergenang banjir juga, masyarakat pada dasarnya sudah terbiasa dengan pasang surut banjir, namun banjir yang terjadi dalam lima tahun terakhir, cukup membuat masrakat lebih waspada,” kata Sadikin, Kamis (21/10/2021).

Sementara itu Kepala Desa Mentunai Kecamatan Kayan Hilir Aloisius mengatakan banjir mulai menggenangi pemukiman warga di Desa Mentunai dengan ketinggian air sekitar setengah meter, aktivitas warga masih normal.

“Saya berharap masyarakat tetap selalu waspada, informasi dari BMKG sebagai patokan dalam memantau perkembangan Debit air Sungai, curah hujan tinggi akan berimbas terhadap pasang surut Sungai,” kata Aloisius.

Pemukiman warga dibantaran Sungai Kayan kata Aloisius sudah terendam banjir seperti Desa Nanga Lidau, Bukit Segaloh, Tuguk, Engkerangan, Desa Nanga Mau dan Sekitarnya. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00