9 Desa Di Kecamatan Silat Hulu Di Landa Banjir Bandang

KBRN,Kapuas Hulu : Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan menyatakan, berdasarkan laporan sementara yang diterima dilapangan wilayah Kecamatan Boyan Tanjung, Silat Hilir, dan Silat Hulu sedang dilanda banjir.

"Daerah yang terendam banjir adalah kecamatan Boyan Tanjung yaitu di Desa Tumbang Jaya, Silat Hulu yaitu wilayah Desa Nanga Ngeri, dan Silat Hilir berada di Desa Bongkong, dengan ketinggian air banjir sekitar 1 meter sampai 2 meter,"Kata Gunawan , Rabu 20 Oktober 2021.

Sedangkan desa yang terkena banjir bandang di Kecamatan Silat Hulu yaitu, Desa Nanga Dangkan, Desa Dangkan Kota, Desa Lebak Najah, Desa Nanga Ngeri, Desa Landau Badai, Desa Nanga Lunggu, Desa Entebi, Desa Landau Rantau, dan Desa Nanga Luan, dengan ketinggian air banjir disana kurang lebih 2-3 meter.

Sedangkan langka yang dilakukan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, jelas Gunawan, kalau pihaknya selalu menyampaikan update peringatan dini yang disampaikan BMKG, terkait perkembangan situasi dan kondisi yang mungkin dan akan terjadi kepada pihak kecamatan

"Kita juga coba mensosialisasi terkait batingsor melalui surat atau media seperti spanduk peringatan di tempat tempat rawan bencana, dan juga memetakan daerah daerah rawan bencana melalui migitasi bencana untuk meminilisir dampak yang mungkin terjadi nantinya," ucapnya.

Dijelaskannya, saat bencana pihaknya akan berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan terkait dampak yang mungkin terjadi.

"Kita juga membentuk posko bersama dengan berbagai pihak TNI, Polri, Tagana dan Tim Reaksi Cepat (TRC) pramuka, melalukan upaya upaya evakuasi terhadap masyarakat yang membutuhkan di saat kejadian, kita juga berusaha menyiapkan tempat pengungsian jika nantinya di butuhkan," ujarnya.

Ditambahkannya, pasca bencana, pihaknya juga melalukan pendataan terhadap dampak dari pada bencana yang terjadi.

"Sambil menyiapkan bantuan berdasarkan data yang disampaikan oleh pihak kecamatan, desa sesuai kemampuan pemerintah daerah," tambahnya.(Ram)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00