Warga Perbatasan dan Satgas Pamtas Goro Nugal Padi

KBRN, Sintang : Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha melaksanakan Nugal Padi bersama warga Dayak dusun Sungai Enteli, desa Neraci Jaya, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Rabu (20/10/2021).

Dansatgas Pamtas Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha Letkol Inf Andri Suratman mengatakan memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, Warga Dayak Tobak melaksanakan tradisi Nugal Padi yang sudah dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi yang dilakukan oleh nenek moyang mereka terdahulu.

“Kami melihat tradisi itu  memiliki nilai semangat gotong royong dan rasa persatuan yang tinggi, anggota satgas kami bantu warga agar terjalin hubungan yang harmonis dan mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat yang ada di perbatasan. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap warga sehingga terbentuk Kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ucapannya.

Sementara itu, Timan (40) selaku pemilik ladang mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan anggota Satgas yang telah memenuhi undangan dan bersedia datang ke ladang miliknya.

Serda M Nofik dan empat rekannya saling bekerjasama dengan warga dalam kegiatan Nugal Padi bersama warga Dayak, mulai dari menabur benih padi ke dalam lobang dan menancapkan tongkat kayu ke tanah.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, sudah tradisi Warga Dayak dalam memenuhi kebutuhan pokok seperti padi dengan cara nugal padi dilahan  kosong yang sudah di bersihkan.(Pen Yonif 144 JY/Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00