Musim Ladang, Satgas Pamtas dan Warga Perbatasan Nugal Padi

KBRN, Sintang : Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha melaksanakan nugal padi bersama warga Perbatasan dilahan milik warga dusun Sungai Enteli, desa Neraci Jaya, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Sabtu (16/10/2021).

Dansatgas Pamtas Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha Letkol Inf Andri Suratman menjelaskan sampai saat ini kebiasaan adat budaya dayak nugal padi masih turun temurun dari nenek moyang warga dayak, sehingga dalam rangka menjaga adat dan budaya di perbatasan satgas pos enteli ssk iv membantu warga dalam pelaksanaan nugal padi.

“Kegiatan ini menanamkan kebersamaan dan semangat bergotong royong dalam suatu kegiatan, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar satgas dengan masyarakat merupakan kegiatan pembinaan teritorial yang ada di perbatasan,” ujarnya.

Sementara itu, Pemilik Ladang Tinus (45) mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dari Satgas yang telah hadir dan membantu nugal padi di ladang.

“Kami juga bersemangat dalam mengerjakannya, ini sudah memasuki musim hujan jadi kami, segera Nugal padi di darat ini untuk mendapatkan hasil guna memenuhi kebutuhan pokok bagi keluarga kami,” katanya.

letda inf didik suprayogi bersama empat rekannya, bahu membahu bantu warga dalam nugal padi, berladang merupakan cara masyarakat dayak untuk mendapatkan hasil kebutuhan pokok diantaranya dengan nugal padi ini, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar satgas dengan warga dan terbentuknya kemanunggalan TNI dengan rakyat yang ada di Perbatasan.

Nugal Padi merupakan warisan budaya orang Dayak yang harus dilestarikan meskipun di zaman modern sekarang ini, kegiatan ini mengedepankan protokol kesehatan.(Pen Yonif 144 JY/Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00