Pegawai Lapas Kelas II B Sintang Ikuti Pelatihan Pemadam Kebakaran

KBRN, Sintang : Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sintang mengikuti pelatihan pemadam kebakaran yang digelar bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kabupaten Sintang, di Halaman Lapas Kelas II B Sintang, Kamis (14/10/2021).

Kalapas Kelas II B Sintang Syech Walid mengatakan kegiatan ini menjadi dasar pengetahuan kepada seluruh petugas tentang teknik memadamkan api, sehingga saat terjadi kebakaran seluruh petugas telah mengetahui apa saja yang akan dilakukan, seperti halnya mengevakuasi seluruh warga binaan menuju titik kumpul, bahkan memadamkan api.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan pegawai apabila sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika tidak dilakukan  upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakannya Simulasi Pemadam Kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sintang,” ujarnya.

Syech Walid berharap  setelah digelarnya simulasi ini, para pegawai tidak perlu panik dan paham akan tindakan dini yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran khususnya di Lingkungan Lapas Kelas II B Sintang.

Sementara itu, salah Petugas Tim DAMKAR Kabupaten Sintang Indra menjelaskan kegiatan simulasi yang dilaksanakan di Lapas Sintang kali ini merupakan salah satu tindakan dini yang dilakukan jika sewaktu waktu terjadi kebakaran terutama di lingkungan Lapas.

 “Kami benar benar merasa senang bisa bekerjasama dengan Lapas sintang dalam hal penanggulangan kebakaran, dan kami juga mengapresiasi semangat yang ditunjukan oleh seluruh petugas lapas sintang dalam kegiatan simulasi ini. Kegiatan diawali dengan perkenalan alat serta teknik pemadaman api, baik itu api kecil (ringan) maupun besar (kategori berat), pelaksanaan gladi telah dilaksanakan hari sebelumnya ini, menjadi persiapan yang matang bagi seluruh peserta terutama bagi petugas Lapas Sintang untuk memahami dasar-dasar memadamkan api ketika terjadi bencana kebakaran. Dalam kegiatan simulasi ini Syech Walid mencoba secara langsung bagaimana penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR),” katanya.

Selain penggunaan APAR, dalam kegiatan simulasi ini juga menggunakan alat pemadam kategori api berat. Seperti yang telah dibentuk regu pemadam dihari sebelumnya yang pada kesempatan ini menunjuk beberapa petugas Lapas Sintang, kegiatan ini terlaksana sesuai dengan lancar dan menerapak protokol kesehatan. (Hum/Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00