Muamar : Pernikahan Dini Dikabupaten Melawi Cukup Tinggi

KBRN, Melawi Ketua Pengadilan Agama Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Kalimantan  Barat Muamar mengatakan untuk dispensasi kawin sebanyak 82 perkara ditangani Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Melawi sejak januari hingga oktober 2021 persentasenya cukup tinggi. Perkara dispensasi atau pernikahan anak yang belum memenuhi syarat umur berdasarkan Undang-Undang perkawinan.

“Dispensasi kawin sebanyak 82 perkara ditangani Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Melawi sejak januari hingga oktober 2021,jumlah Dispensasi kawin ini juga cukup tinggi .Perkara dispensasi atau pernikahan anak yang belum memenuhi syarat umur berdasarkan Undang-Undang perkawinan” Kata Muamar, Rabu (13/10/2021).

Dijelaskan Muamar, ketika salah satu pasangan tidak memenuhi syarat usia perkawinan, maka pasangan tersebut harus mengajukan ke Pengadilan Agama dan KUA tidak boleh menikahkannya sebelum calon pasangan tersebut mengikuti sidang perkara dispensasi di Pengadilan Agama.Ada dua jenis perkara yaitu perkara permohonan dan perkara gugatan, perkara permohonan adalah perkara yang tidak mempunyai lawan semata-mata untuk kepentingan sepihak contohnya perkara itsbat nikah yaitu perkara yang perkawinannya dilaksanakan sesuai syarat dan rukun perkawinan namun tidak tercatat di Kantor Urusan Agama sedangkan perkara gugatan adalah perkara yang menghadirkan lawan seperti perkara perceraian, kasus waris dan perkara ekonomi syariah.

Dijelaskan Muamar, sebelum memutuskan perkara perceraian pada pasangan suami istri, sebelumnya dilakukan mediasi dan setiap tahunnya mediasi ini berhasil membatalkan perkara perceraian pada beberapa pasangan.

“Mediasi itu diwajibkan oleh peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 pada pasangan suami istri yang sama-sama hadir dipersidangan.”jelasnya (Ram)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00