Musim Ladang, Anggota Satgas Pamtas Bantu Nugal Padi di Perbatasan

KBRN, Kapuas Hulu : Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha membantu warga Dayak Kantuk dalam kegiatan Nugal Padi di desa Langau, Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (27/9/2021).

Dansatgas Pamtas Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha Letkol Inf Andri Suratman menjelaskan dalam rangka melestarikan budaya di Perbatasan anggota Satgas Pos Langau 1 membantu warga Dayak Kantuk menugal padi ladang.

“Kegiatan ini merupakan salah satu adat budaya Dayak Kantuk yang tumbuh berkembang secara tradisional serta mempunyai karakteristik sendiri yang masih bersifat alami, Nugal Padi merupakan warisan pada zaman dahulu bagi orang Dayak untuk lahan nya di tanami padi darat, dengan kehadiran satgas kami bisa mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat sekeliling kita khususnya di perbatasan sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar satgas dengan warga Dayak yang ada di batas Negeri ini ,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Dayak Kantuk  Hendrikus mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih atas bantuan Satgas yang telah hadir memenuhi undangan pihaknya dalam acara Nugal Padi di lahan miliknya.

“Dengan bantuan bapak kami bekerja lebih semangat dan cepat,” pungkasnya.

Letda Inf Ridha F bersama tiga rekannya saling bekerjasama dengan warga mulai dari menancapkan tongkat kayu yang di runcingkan ke tanah, dan memasukan benih padi ke dalam lobang tanah bersama warga Dayak, harapan kita panen kedepannya lebih melimpah sehingga dapat padi yang banyak.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, tidak luput juga mensosialisasikan tentang prokes dan menjaga jarak.(Pen Yonif 144 JY/Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00