Sinto : Capaian Vaksinasi di Kabupaten Sintang Tertinggi ke 3 di Kalbar

KBRN,Sintang : Kabupaten Sintang menempati urutan ketiga tingkat cakupan vaksinasi tertinggi di provinsi Kalimantan Barat, setelah Kota Pontianak dan Singkawang.

Berdasarkan data cakupan vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Barat per 25 September 2021 yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar capaian vaksinasi rata-rata tertinggi Se-Kalbar antara lain di Kota Pontianak mencapai 43,13 persen , Kota Singkawang 27,16 persen, Kabupaten Sintang mencapai 18,69 persen.

Sementara, tiga daerah dengan cakupan vaksinasi terendah Se- Kalbar. Dimana Cakupan vaksinasi rata-rata di Sambas baru mencapai 12.21 persen, Landak 12.42 persen, dan Sanggau 13.00 persen.

Per 25 September 2021, dari jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 298. 511 orang, yang sudah mendapatkan vaksinasi pertama mencapai 69.568 atau 23,31 persen; Capaian vaksinasi kedua 42.028 atau 14,08 persen dan persentasi rata-rata : 18,69 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengatakan keberhasilan vaksinasi tidak terlepas dari dukungan Polres Sintang dan pihak TNI yang juga gencar berkolaborasi melaksanakan vaksinasi massal di sekitaran kota Sintang dalam bebebrapa pekan terakhir.

 “Capaian vaksin kabupaten Sintang tertinggi nomor 3 di kalbar, sebenarnya ini juga didukung oleh pihak Polres dan TNI yang juga gencar melakukan vaksinasi,” kata Sinto.

Tidak ada strategi khusus dalam upaya vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sintang. Menurut Sinto, pihaknya bersama dengan Satgas Penanganan Covid-19 hanya memperbanyak lokasi vaksinasi yang mudah diakses oleh masyarakat, kemudian mengundang sebanyak-banyaknya masyarakat untuk datang.

“Strateginya adalah kita mengundang masyarkat seluas-luasnya untuk mendapatkan vaksin dan menyiapkan tempat penyuntikan vaksin dibuat sebanyak mungkin. Intinya kalau kita memiliki jumlah dosis vaksin yang cukup banyak, maka strategi kita tidak menyimpan vaksin terlalu lama. Intinya, vaksin datang kita keluarkan, habiskan, kita suntik untuk masyarakat,” jelasnya.

Sinto menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalbar, karena distribusi dosis ke Kabupaten Sintang saat ini masih lancar.

“Cukup lancar. Begitu habis diajukan tidak terlalu lama sudah datang,” tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00