Disdukcapil Sintang Optimalkan Capaian Target Pencetakan KIA

KBRN, Sintang: Dari jumlah sekitar 159 ribu 792 orang masyarakat Kabupaten Sintang masuk dalam kategori anak-anak dan jumlah anak-anak yang sudah mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) hingga saat ini belum seluruhnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang Agus Jam, S. Sos, M. Si mengatakan antusias orang tua mengurus KIA ke Disdukcapil Sintang cukup tinggi, namun keterbatasan peralatan untuk tinta perekaman menjadi kendala belum dapat dilakukan pencetakan Kartu Identitas Anak untuk seluruh anak yang belum memiliki KIA, pencetakannya belum dapat dilakukan semua ditahun ini.

Agus Jam menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Identitas Anak merupakan identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia dibawah 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kota.

Selain itu KIA digunakan untuk persyaratan mendaftar sekolah, sebagai syarat mengurus perbankan, yaitu ketika anak ingin memiliki tabungan sendiri dan sebagai syarat mendaftar BPJS.

“kami akan melakukan pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi siswa pada SD Negeri/Swasta dan SMP Negeri/Swasta se Kabupaten Sintang. Sebagai tahap awal akan dilaksana pada pelajar SD Negeri/Swasta se Kota Sintang dan SMP Negeri/Swasta se Kota Sintang, sebagai tahap awal,” kata Agus Jam, Senin (27/9/2021).

Agus Jam menjelaskan persyaratan untuk mengurus KIA diantaranya mengisi formulir permohonan, fotocopy KTP orang tua/wali, fotocopy Akta Kelahiran Anak, fotocopy Kartu Keluarga,  Pas Foto Warna Ukuran 3 x 4 sebanyak 1 Iembar bagi anak yang berumur 5 tahun ke atas sedangkan yang berumur dibawah 5 tahun, tidak perlu melampirkan foto.  (ri/Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00